Hitung-hitung Biaya Hidup Anak Kos di Bandung

Satu tugas sudah selesai, alhamdulillah. Mo lanjut tugas yang lain, udah malam. Saya mah kalo tidur kemaleman paginya pas bangun badan terasa ga enak. Jadi jam malam saya batasi sampai jam 10.

Ngeblog dulu ah bentar. Terinspirasi dari WA seorang teman yang suaminya bakal jadi junior saya (hihi, sedap). Dia menanyakan tentang biaya hidup di Bandung.

Monumen Perjuangan Rakyat. Letaknya pas di depan kosan. Jangan percaya tampilan di foto yah, terlalu fotogenic :D

Monumen Perjuangan Rakyat. Kosan saya dekeeet banget dari sini.

Pertama, mari kita mulai dari tempat tinggal. Saya ngekos di daerah Haur Mekar. Daerah sini lumayan padat, isinya kos2an semua. Konon penduduk asli lebih memilih menjual atau mengubah rumahnya menjadi kos2an karena pendapatan dari kos2an sangat lumayan, dan mereka memilih tinggal di pinggiran Kota Bandung. Daerah ini tergolong sangat padat, rumahnya nempel satu sama lain dan bisa dibilang sumpek. Tapiii aksesnya sangat dekat ke kampus (dekat sini ada Unpad, Unikom, Unisba). Mau kemana2 pun gampang karena berbagai jalur angkot melewati daerah ini. Udah gitu kalau pagi di sepanjang jalan Haur Mekar ini ada pasar. Dan di Minggu pagi dari sekeliling Monju sampai gedung sate ada pasar kaki lima kagetan yang kondang dengan sebutan Pasar Gasibu. Segala macem ada, mulai dari baju, buah, sayur, perabot sampai kasur.

Berapa kisaran harga kos2an di daerah Haur Mekar? Dari 300 ribu sampai sejutaan juga ada. Ada harga ada barang. hehe. Kosan dengan harga murah biasanya kosongan, kamarnya kecil dan kurang bagus. Letaknya pun blusukan masuk ke gang bagian dalam. Oia, biasanya pemilik kosan ga mau repot makanya biaya sewa dipatok per 6 bulan atau per tahun. Kosan yang saya tempati sekarang biaya sewanya 8 juta per tahun, ada kamar mandi di dalam, udah ada kasur, lemari dan meja. Itu belum termasuk uang sampah dan biaya tambahan kalau bawa alat elektronik selain setrika ya. Kalau teman saya, di kosan yang sama, dengan kamar mandi di luar sewanya 6,5 juta per tahun. Yah kalau mau nyaman ya memang kisarannya 6 juta ke atas per tahunnya. Ditambah faktor hoki. Kenapa hoki? Karena bulan depan saya bakal pindah ke kosan baru. Cuma 2,45 juta selama 8 bulan. Tempatnya bagus, walau kosongan dan agak kecil dibanding kamar sekarang. Yang penting murah. hehe. Lumayan susah cari kosan bagus dengan harga terjangkau. Sempat survei ke beberapa kosan, dengan harga yang sama kualitasnya jauuuuh banget beda. Kebanyakan kosan dengan harga segitu jauh dari layak (menurut saya).

Biaya tambahan lain di kosan, yaitu untuk laundry dan internet. Berhubung saya males nyuci, jadi saya minta tolong Bik Titi untuk mencucikan baju saya. Biayanya 100 ribu sebulan. Nah trus internet. Kamar saya letaknya paling bawah dan susahh banget dapat sinyal. Saya pakai internet unlimited yang disambungkan dengan LAN, biayanya 75 ribu per bulan.

Selanjutnya, biaya makan. Di Bandung kata orang, surganya makanan. Kalau buat saya mah biasa aja. Tempat makan yang menurut orang sini enak, menurut saya biasa aja. hehe. Sebagai anak kos yang harus ngirit karena punya 3 dapur, saya termasuk susaaaah banget mau ngirit makan. Bawaannya ga semangat kalau makan ga enak 😀

Untuk menu sarapan, kalau mau sehat tapi irit, pilihan saya jatuh kepada buah pepaya. 7000 perak bisa untuk sarapan 2 hari. Kalau tahan makan gorengan dan kue2, di pasar ada yang jual dengan harga mulai dari 1000 rupiah. Menu lain yang bisa dipilih yang serba mulai dari 5000 adalah bubur ayam, kupat tahu, nasi kuning. Kalau mau mahalan dikit 6000 ke atas ada soto ayam, lontong kari, lontong padang.

Untuk makan siang dan makan malam, kalau mau irit ya masak nasi sendiri. Sambil ngerebus telur untuk tambahan lauk. hehe. Di warung dekat kosan saya, makan nasi, telur dan sayur sekitar 7000. Kalau pakai ikan mulai dari 8000, ayam mulai dari 9000. Makan siang di seputar kampus Unpad bisa juga dengan menu lebih bervariasi, tapi jatuhnya lebih mahal dibanding makan di warteg. Mulai dari 10 ribuan deh. Kalau siang hari panas terik dan pengen minuman segar, masih banyak yang jual jus dengan harga 5000, tapi dengan pilihan buah tertentu.

Makan malam di sekitar kosan terasa sangat meriah. Banyak warung tenda yang jual macam2 makanan, mulai dari pecel lele sampai spaghetti dan steak ada. Makan dengan pecel lele mulai dari 8000, tapi di antara sekian banyak penjual cuma 1 penjual yang menjual dengan harga segitu, yang lainnya mah di atas 10 ribu. Nasi goreng mulai dari 9000. Tapi pada umumnya kalau makan malam di luar habisnya belasan ribu.

Itu tadi di luar jajan yah, kali aja pada suka jajan beli siomay, batagor atau cilok. Saya mah gak suka jajan, kebanyakan nonton reportase investigasi jadi ngeri sendiri. hehe. Berhubung ga pernah jajan, jadi saya ga tahu harga jajanan ini.

Saya membandingkan awal saya ngekos dan belum punya rice cooker, sehari bisa habis 30ribuan untuk makan. Semenjak masak nasi sendiri, biaya bisa ditekan menjadi kurang dari 20 ribu. Tapi yah, berhubung akhir2 ini nafsu makan saya lagi kurang, jadilah anggaran makan saya membengkak lagi 😀

Biaya lain yang berhubungan dengan hidu adalah beli printilan macam sabun, odol, dll. Kalau saya sih habisnya ga banyak, belanja 50 ribu pun bisa hampir 2 bulan baru habis.

Gimana dengan belanja baju? Wahaha, walaupun katanya Bandung surga belanja dan kosan saya terbilang dekat dengan Pasar Baru, tapi saya mah ga napsu untuk belanja-belanja. Inget punya 3 dapur. hehe

Kalau dihitung2, biaya yang saya keluarkan di luar bayar kosan dan biaya kuliah mencapai hampir 2 juta per bulan. Trus saya jadi mikir deh, saya aja yang udah kerja dan kuliahnya gratis kadang ngerasa sayaaang banget ngeluarin uang. Gimana para orangtua yah? Ngebiayain kuliah, kosan dan biaya hidup anaknya. Kalau dibagi rata sebulan harus ngerogoh kantong minimal 5 jutaan tuh. Woow… nanti kalau Alfath biayanya berapa ya?? Makanya saya suka kasihan sama anak yang main2 pas kuliah, terlibat pergaulan ga bener, ya ampuuun kasihan banget orangtuanya…

Sekian, semoga bisa membantu. Selamat tidur… Zzzzz

6 thoughts on “Hitung-hitung Biaya Hidup Anak Kos di Bandung

  1. Ass mbaa saya sedang mencari kosan yg murah di daerah haur mekar. Kl boleh tw kosan yg mba ceritakan ini sebelah mana ya mba kl d haur mekar? Kl yg 2.45 sebulan dimana mba. Terimakasih

    • Waalaikumsalam. Kosan saya harga kamarnya bervariasi, per tahun kisaran 3,5-5 juta tergantung ukuran kamar. Saya bayar 2,45 juta tuk 8 bulan. Kebetulan ada kamar kosong nih. Langsung hubungi Pak Eek aja, 087824496652. Kosannya di Jl. Titiran Dalam I no 222c. Tingkat dua lantai dengan cat kuning muda. Ancer2nya, masuk gang sebelah Minimarket SBMart.

  2. Terimakasih mba untuk bantuannya. Maap mba kalo di haur mekar sebelum kosan yg mba di titiran ini ancer2nyaa sebelah mana mba? Terimakasih banyak mba

Leave a comment